Balawan’s Trivia

Eddie Van HalenPada awal karir musik, Balawan dikenal sebagai gitaris musik rock, musik yang kini dikenal sebagai classic rock atau "Hair rock" mengingat musisi rock era 80'an identik dengan rambut panjang yang terawat. Balawan tidak pernah berambut panjang pada masa menjadi rocker. Balawan justru mulai memanjangkan rambut ketika mengambil jalur Jazz.

Masa kanak-kanak: Balawan pertamakali mengenal alat musik gitar pada usia 8 tahun dari kakak perempuannya. Pada usia 10 tahun telah mampu meniru permainan gitar Eddie Van Halen dan gitaris dunia lainnya. Usia 14 tahun Balawan sangat fasih memainkan resital gitar Yngwie Malmsteen. Lagu 'Jump' milik Van Halen adalah lagu penutup Balawan setiap tampil di atas panggung.

Pada album Magic Fingers, Balawan menuliskan beberapa musisi yang menjadi influencenya, antaranya: John Mc Laughin, Steve Morse, Jeff Beck, Charlie Hunter, Stanley jordan, Guy Strazullo, Steve vai, Charlie Parker, Oscar Peterson dan Indra Lesmana.

Cover album Magic FingersIde cover Magic fingers menyerupai tampilan koran atau majalah setelah Balawan menemukan beberapa media cetak yang menyertakan berita tentang dirinya dalam berbagai bahasa yang berbeda, bahasa Perancis, Jerman, Jepang dan Norwegia yang tidak dipahaminya.

Batuan Ethnic Fusion bukanlah grup pertama Balawan yang menyertakan unsur etnik ke dalam rancangan musiknya. Ketika selesai menempuh studi di the Australian Institute of Music di Sydney, Balawan sempat membentuk sebuah band bernama GARIS di Sydney dan unsur etnik yang ditampilkan adalah musik gamelan Jawa.

Selain info musik, Balawan sangat peduli tentang info-info kesehatan seperti info diet, info g.i.t.a.r (Generasi Indonesia tanpa Asap Rokok) dan juga info solusi yang dapat mengatasi kemacetan lalu-lintas. Buat yang punya minat sama silahkan follow twitter @Balawanguitar

Drum SetBalawan juga piawai bermain alat musik selain gitar: kibor, drum, gitar bass dan tentu saja alat-alat musik tradisional Bali.

Balawan sangat kuat keinginannya untuk menularkan kemampuannya ke pada gitaris pemula. Selain sebagai pengisi acara panggung, ia bersedia diundang sebagai pengajar musik. Cita-citanya mendirikan sekolah gitar. Coaching clinic pertamanya diadakan pada tanggal 11 Maret 2001 di kampus Sastra Universitas Udayana

Teknik tapping yang dipelajarinya dari Stanley Jordan dari video pada mulanya agak susah dipahaminya. Pada tahun 1997 Stanley Jordan menemui Balawan di Bali dan beradu kemampuan. Jawaban kesulitannya akhirnya terjawab, Stanley Jordan tidak menggunakan seteman gitar standar tapi menggunakan pola seteman seperti pada gitar bass 6 senar di mana senar teratas bernada B bukan E

Kalender BaliBalawan memiliki 2 hari lahir. Orang Bali jaman dulu agak kebingungan dengan sistem kalender masehi, mereka cenderung mencatat masa dengan sistem penanggalan Bali. Akte kelahiran mencatat hari lahir Balawan pada 9 September 1973 dan telah dirayakan sejak kecil sebagai hari ulang tahun. Sedangkan menurut penanggalan Bali, Balawan lahir pada "Sukra Pon Juluwangi". Baru-baru ini Balawan dan keluarga menyadari bahwa ada ketidak sesuaian data antar kalender. Tanggal 9 September 1973 dalam kalender Bali dinyatakan sebagai: "Redite Umanis Merakih" -- tanggal yang terlanjur dikenal dan terpublikasikan ke media massa --. Setelah diadakan perunutan -- berhubung penanggalan Bali lebih diyakini kebenarannya --, akhirnya ditemukan tanggal yang pas yaitu 13 Juli 1973. Tautan kalender Bali

Lagu Bali Vanilli -- sebuah lagu rap yang dibawakan oleh Igor Tamerlan sangat populer tahun 1991 di Indonesia. Televisi tiap hari memutar lagu tersebut. Suara gitar dalam lagu Bali Vanilli adalah permainan Balawan, saat itu ia masih duduk di bangku SMA.

Balawan selalu merasa gerakan jari-jarinya melamban apabila tidak dilatih tiap hari. Latihan gitar Balawan sama lamanya dengan jam kerja standar pegawai swasta: 8 jam sehari. Semenjak berkeluarga porsi latihan berkurang menjadi 4 jam sehari, karena harus membagi waktunya dengan si kecil Varendra.

Pada gitar dua leher produksi RickHanes milik Balawan, leher gitar atas dirancang lebih rendah dari leher bawah agar mudah melihat leher bawah ketika memainkannya dalam posisi berdiri.

Track 11 album Magic Fingers semetinya berjudul ''Country Beleganjur" tapi telah salah ketik menjadi "Country Belejagur". Kesalahan tersebut tertulis dalam cover, cetakan pada piringan, dan bahkan dalam penulisan tag lagu dalam CD. Country Beleganjur sesuai judulnya, adalah sebuah lagu yang menggabungankan irama bluegrass country dengan beleganjur (sebuah gaya dalam musik gamelan Bali).

To Be Continued...

Artikel ditulis oleh: Putu Ebo. Illustrasi foto diambil dari situs flickr.com dan wikipedia.org di bawah lisensi creative common